Jumaat, 17 Februari 2012

07 di kampar - Google Blog Search

07 di kampar - Google Blog Search


Aksi `Jumat Goro` kian membudaya <b>di Kampar</b> - AntaraNews.com

Posted: 17 Feb 2012 08:59 AM PST

Kampar, Riau (ANTARA News) - Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, semakin mantap membudayakan gotong royong di setiap hari Jumat, atau `Jumat Goro` yang digelar setiap usai shalat subuh berjamaah.

Aksi `Jumat Goro` hari ini (17/2) pun berlangsung marak, terutama di Bangkinang (ibu kota kabupaten), ditandai dengan kegiatan bersih-bersih secara massal di hampir semua kompleks kantor maupun perumahan.

"Sebetulnya tidak cuma di Kecamatan Bagkinang, tapi kegiatan ini berlangsung di seluruh kecamatan di kabupaten kami," kata Camat Bangkinang, Soegianto, Jumat, di sela-sela memimpin warga sipil, PNS, TNI, Polri serta masyarakat umum membersihkan lingkungan sekitarnya.

Aksi `Jumat Goro` yang diprakarsai Bupati H Jefry Noer ini berlangsung sejak dia dilantik sebagai bupati pada 11 Desember 2011 lalu.

Sebagaimana pada setiap aksi `Jumat Goro` tersebut, hari Jumat ini pun ANTARA menyaksikan banyak warga dari berbagai latar menenteng sapu dan berbagai peralatan bersih-bersih.

Ada yang memakai baju olahraga, atau busana khas Melayu, semuanya menyatu membersihkan kompleks perkantoran, pasar, hingga sekolah serta sekitar fasilitas umum lainnya.

Selain di Kecamatan Bangkinang, aksi `Jumat Goro` ini juga berlangsung di Kecamatan Salo yang dipusatkan di lingkungan Masjid As-Sholihin, Desa Ganting, dipimpin langsung Camat H Syukri Toha.

Kades Ganting, Harmonis, mengatakan, aksi `Jumat Goro` kali ini diawali dengan kegiatan shalat subuh berjemaah di Masjid As-Sholihin, kemudian dilanjutkan dengan membersihkan lingkungan sekitar tempat peribadatan, lalu diteruskan ke sepanjang jalan raya desa.

Usai kegiatan, semua warga berkumpul dan menggelar `kawa` (kudapan) dengan menikmati berbagai macam menu masakan seperti bubur campur, dan makanan kecil lainnya. (M036/Z002)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Komen