Sabtu, 15 September 2012

07 di lekir - Google Blog Search

07 di lekir - Google Blog Search


Okezone Kampus - Kompetisi ECOM Sulit, Peserta Pesimistis

Posted: 14 Sep 2012 03:34 AM PDT

JAKARTA - Sejumlah peserta English Competition (E-Com) besutan Bina Nusantara (Binus) Internasional merasa pesimistis bisa menembus babak penyisihan. Setelah babak penyisihan pertama, para peserta yang lolos akan mengikuti seleksi tingkat dua sebelum masuk ke babak final.

Pelaksanaan E-Com terbagi di dua kampus Binus International, yakni di kampus fX dan di Jalan Hang Lekir, Senayan. Di kampus fX berlangsung lomba untuk kategori Spelling Bee, Speech, dan News Casting. Sementara empat kategori lainnya dihelat di kampus Hang Lekir.

Salah satu panitia, Robin, menyebut, untuk peserta ketegori News Casting, pertama peserta mendapatkan pengarahan dari panitia dan dewan juri dalam sebuah ruangan karantina. "Setelah itu, mereka mendapatkan soal/bahan dan diberikan waktu selama 15 menit untuk mempersiapkan diri. Kemudian, satu per satu dipanggil untuk tampil di hadapan para juri independen dengan durasi sekira tiga menit," kata Robin di fX, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (14/9/2012).

Seorang peserta News Casting Jovina mengaku pesimistis atas penampilannya. Menurut pelajar kelas 11 SMA Bina Bangsa itu, para juri memberikan sejumlah kritik mengenai penampilannya.

"Para juri bilang, baju saya tidak sesuai dengan konteks. Mereka juga bilang kalau saya kurang kontak mata dengan mereka," ujar Jovina.

Berdasarkan penilaian tersebut, Jovina pun merasa pesimistis dapat lolos ke babak selanjutnya. "Saya rasa, saya tidak lolos seleksi. Ini kali pertama saya mengikuti kegiatan ini dan saya tidak mempersiapkan diri sebelumnya," tuturnya ramah.

Hal serupa ternyata juga dialami Ayu, peserta E-Com kategori Spelling Bee. Mahasiswa Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) jurusan Sastra Inggris itu mengaku tidak yakin dapat lolos ke babak selanjutnya. "Soalnya susah. Babak pertama dan kedua gampang sementara untuk soal kelompok lebih susah," ungkap Ayu.

Meski sulit, Ayu lebih menyukai kategori Spelling Bee dibandingkan kategori lain, seperti Speech maupun News Casting. "Kalau speech atau news casting itu harus berbicara di depan banyak orang dan melibatkan audiens. Saya kurang pede untuk melakukan itu," tuturnya ramah.

Para peserta yang lolos seleksi di tahap ini akan mengikuti seleksi selanjutnya. "Pada seleksi pertama kami akan mengeliminasi sekira separuh peserta. Jadi dari sekira 300 peserta berkurang hingga 150. Dan untuk seleksi tahapan selanjutnya, yakni besok, Sabtu, 15 September 2012, semua kategori akan dilangsungkan di Binus Internasional di Hang Lekir," kata Robin menambahkan.

Peserta E-Com kali ini berasal dari berbagai perguruan tinggi dan SMA di Indonesia. "Jika ada peserta dari luar negeri mereka akan dinilai dalam kategori berbeda. Namun, tahun ini peserta dari luar negeri jumlahnya hanya sedikit," paparnya.(rfa)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan