Khamis, 7 Mac 2013

07 di kampar - Google Blog Search

07 di kampar - Google Blog Search


Banjir Bandang <b>di Kampar</b> Akibat Pembalakan Liar

Posted: 25 Nov 2011 04:00 PM PST

PEKANBARU - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Riau menyatakan, faktor yang menyebabkan terjadinya banjir bandang di Kampar, karena maraknya praktik pembalakan liar (illegal logging).

Direktur Walhi Riau Hariansyah Usman mengatakan, praktik pembabatan liar mengakibatkan hutan jadi gundul. "Seharusnya pemerintah melindungi daerah aliran sungai (DAS) dari ancaman illegal logging," katanya dalam perbincangan dengan okezone, Sabtu (26/11/2011).

Tidak hanya illegal logging, faktor lain yang menyebabkan terjadi banjir banding, disinyalir akibat pemberian izin konsesi hutan untuk Hutan Tanaman Industri (HTI) sejumlah perusahaan.Di sana banyak perusahaan yang membuka hutan dan dijadikan perkebunan kelapa sawit dan kayu akasia," tandanya.

Seharusnya pemerintah cepat tanggap, dengan melakukan reboisasi hutan. Di sana juga ada kawasan Suaka Marga Satwa Rimbang Baling yang kondisinya juga rusak akibat pembabatan hutan secara illegal.Seperti diketahui, banjir bandang di Kampar Kiri Hulu, Kampar menyebabkan satu tewas dan dua orang hilang.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2011/11/26/340/534508/banjir-bandang-di-kampar-akibat-pembalakan-liar

Tiada ulasan:

Catat Ulasan