Sabtu, 11 Jun 2011

07 di kampar - Google Blog Search

07 di kampar - Google Blog Search


Telorceplok: Fenomena Gelombang <b>di</b> Sungai <b>Kampar</b> ( BONO )

Posted: 27 May 2011 03:53 AM PDT

           Siapa yang tak kenal dengan sungai kampar, sungai yang membelah pulau sumatra ini, Hulu Sungai kampar berada di Kota Baru Sumatra barat, dan Hilir atau Bermuara di Kuala kampar ( kabupaten Pelalawan ).
          Sungai Kapar selalu menampakan warna Air yang coklat muda diakibatkan karena memang daerah sekitar aliran sungai kampar tanahnya rawa-rawa, banyak hasil ikan dari sungai ini, sungai ini bukan diambil Ikannya saja namun lebih dari itu masyarakat mengunakan sungai ini sebagai tempat jalur Transportasi air dengan Pong-pong maupun Speedboat untuk menghubungkan daerah-daerah di sumatra tersebut, Namun masyarakat menggunakan juga untuk MCK ( Kandi Cuci Kakus ), karena warga disekitar sungai kampar akan membuat septik tank tak bisa dikarenakan tanah yang digali untuk beberapa meter saja sudah mengeluarkan air.
          Aliran Sungai kampar semakin ke Hilir sungainya semakin melebar, apalagi sudah dekat dengan lautan lepas, airnya pun asin rasanya karena telah bercampur dengan air laut, namun sungai kampar ini adalah termasuk sungai yang dangkal karena itu kapal-kapal besar tak bisa lewat, beda dengan sungai siak yang dapat dilewati kapal tankker hingga ke pekan baru, namun disamping itu sungai Kampar ini sangat penting bagi provinsi Riau, di sungai kampar ini di bangun pula PLTA yang mempunyai kapasitas 114 MW, PLTA ini dibangun di Koto Panjang yang mensuplai untuk wilayah Riau Dan Sumatra Barat.

       Disini pula Sungai Kampar mempunyai keunikan berupa Gelombang yang oleh masarakat setempat disebut dengan BONO,Bono adalah gelombang tinggi yang diakibatkan pertemuan air sungai dengan air laut. Bono biasanya terjadi pada saat pasang, sehingga air yang berasal dari sungai, tertekan oleh air laut. Ditambah lagi dengan dangkalnya muara mengakibatkan gelombang yang tercipta semakin tinggi.

A dreamlike wave found in an Indonesian river is stunning surf world (sebuah gelombang impian yang ditemukan di salah satu sungai di Indonesia memukau dunia selancar)," tulis . Tulisan Mauro itu sendiri lantas merujuk pada apa yang ia sebut 'penemuan luar biasa' oleh tim (ekspedisi) Rip Curl baru-baru ini, yang menurutnya "mungkin tak tertandingi" (may be unrivaled) ". Mereka pun menyebutnya dengan nama Seven Ghost ( tujuh Hantu ).
        Namun demikian Penulis belum menyaksikan tapi sudah pernah lewat dan merasakan kedasyatanya dan keagunggan sungai ini, semoga pihak terkait atau pemerintah daerah setempat dapat mengelola Fenomena Ini dan mengemasnya dengan apik sehingga dapat mendatangkan keuntungan bagi daerah ini serta digunakan untuk kemakmuran masyarakatnya, bukan untuk mensejahterakan keluarganya sendiri.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan